Langsung ke konten utama

Media Komunikasi Islam dengan Buku



Tidak diragukan lagi bahwa kehidupan manusia modern pada abad ke-21 tidak dapat melepaskan diri dari kebergantungannya pada media. saat ini didunia dipenuhi oleh berbagai media seperti televisi, radio, film, surat kabar, majalah, buku, dan lainnya yang dapat diakses dengan mudah.
Media menjadi  sesuatu yang tak terelakkan sebagai produk peradaban modern. ia dapat menemui apa saja dan menyampaikan informasi, baik yang dikehendaki maupun yang tidak dikehendaki. media massa sangat berperan dan terus berkembang mengisi berbagai aktivitas kehidupan umat manusia, hingga mereka banyak meluangkan waktunya untuk senantiasa berinteraksi dengan media, televisi, surat kabar, radio, film, majalah, dan buku. dalam linkungan yang berubah ini manusia banyak merasakan berbagai macam pengalaman disekelilingnya, mereka saling berbagi ilmu satu sama lainnya.
Menurut islam, komunikasi hendaknya dalam rangka mewujudkan keadilan, kejujuran, keberanian, kedamaian, etos kerja, amanah, kritis, amar ma’ruf dan nahi munkar sehingga media massa islam dapat mewujudkan  transfer of knowledge dengan memanfaatkan media yang ada.
Pada masa kini banyak penulis yang mengkomunikasikan tentang ajaran islam, amalan-amalannya, perintah, dan larangannya yang disajikan sedemikian mungkin agar pesan yang ada didalamnya tersampaikan dengan baik.
Berhubung kemarin ada bazar buku di suatu tempat, saya membeli beberapa buku yang menarik perhatian yang didalamnya terkandung ajaran-ajaran islam. 

Berikut review buku yang baru saja saya beli beberapa hari lalu

1. "AMALAN-AMALAN RINGAN BERPAHALA BESAR YANG DIANJURKAN RASULULLAH"


“Buku ini ditulis oleh Ahmad Kamil Al-Jauzi yang lahir di Sumenep O5 November 1981. dalam bukunya pun tertulis bahwa penulis aktif dalam menulis essai, cerpen, puisi, opini dan resensi di beberapa media massa tidak dapat dipungkiri lagi keahliannya dalam menulis kan. Dalam buku ini berisi tentang ibadah-ibadah wajib dan amalan-amalan sunnah yang mulai terlupakan bahkan ditinggalkan oleh sebagian umat islam. Amalan-amalan sunnah tersebut ringan namun memiliki faedah dan pahala yang  besar. Bahkan beberapa amalan tersebut mengandung rahasia besar dan kita akan merasa rugi jika tidak mengerjakannya. Buku ini pun disajikan dengan sedemian menariknya dimulai dari judul covernya  “Amalan-Amalan Ringan Berpahala Besar Yang Dianjurkan Rasulullah” dan tertulis pula dibawahnya “Membuka Pintu Surga Dengan Dahsyatnya Keajaiban Ibadah-ibadah Ringan” dari covernya saja tertulis membuka pintu surga umat Islam mana yang tidak tertarik masuk ke Surga nya Allah yang begitu Indah itu. Didalamnya buku ini tidak hanya memberi tahu amalan-amalan apa saja yang harus dilakukan tapi juga tata cara dan segala manfaatnya yang akan kita dapat jika melakukannya.”

2. "PERINTAH DAN LARANGAN MUSLIMAH YANG SERING DILANGGAR



“Buku ini ditulis oleh Nurlaela Isnawati ia lahir di Jawa Tengah 23 Agustus 1982. Buku ini mengajak kita untuk memperbaiki akhlak dan ibadah kita sebagai muslimah dengan mengingatkan kita pada perintah-perintah dan larangan sebagi seorang Muslimah yang baik. buku ini ditujukan khusu untuk wanita bukan namun jika laki-laki hendak membacanya pun diperbolehkan untuk mengajarkannya pada keluarganya yang perempuan.  buku ini pun diperkuat dengan hadits nabi sehingga memperkuat pesan yang ada didalamnya.”


sekian review dari buku-buku  yang baru saya beli, maaf jika kurang memuaskan atau tidak berkenan dihati para pembaca. :) 

~Amalia Maghfiroh (1640210032)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur Anatomi, dan Sistem Penulisan Feature

Pengertian Featuture  Feature merupakan sebuah tulisan jurnalistik. Yang dimana dalam penulisan ini bersifat khas untuk menuturkan fakta, peristiwa, ataupun suatu proses yang disertai penjelasan tentang riwayat suatu kejadiannya (Asep Syamsul M.R). Feature ini dalam penulisan-nya mengandung karakteristik human interest, dikarenakan liputan-nya mengenai kejadian yang dapat menyentuh perasaan sehingga menambah pengetahuan pembacanya melalui penjelasan rinci dan mendalam pada suatu kejadian, dan tidak terkait aktualitas (Jim Atkins Jr). Maka dari itu penulisan feature tidak terikat waktu. Ciri-ciri Feature 1. Berunsur  Human Interest 2. Berbahasa Sastra 3. Kreatif 4. bertujuan informatif 5. bersifat faktual Jenis Feature Jenis feature sendiri terbagi menjadi dua, yaitu : 1. Feature Berita, dan 2. Feature Artikel. Yang dimana isinya bisa mengenai human interest, sejarah, biografi, kisah perjalanan, maupun tulisan imiah. Struktur Anatomi Feature Dalam penulisan feature

Budaya Populer

Budaya populer terdiri dari dua kata yaitu budaya dan popular. Kita akan membahas pengertian dari masing-masing kata tersebut, budaya dan populer. Budaya adalah tatanan kehidupan yang didalamnya manusia membangun makna melalui praktik-praktik representasi simbolik. Sedangkan kata populer ini Wiliams memberikan empat makna yakni: banyak disukai orang, jenis kerja rendahan, kerja yang dilakukan untuk menyenangkan orang, budaya yang memang dibuat oleh orang untuk dirinya sendiri (Williams, 1983:237). Dari pengertian masing-masing kata budaya populer berikut pengertian dari beberapa ahli tentang budaya popular: 1.       Mukerji   Budaya populer mengacu pada kepercayaan, praktek-praktek dan objek yang menyatu dalam kesatuan yang hidup dalam masyarakat. Hal ini termasuk kepercayaan adat, praktek-praktek, dan objek yang diproduksi dari pusat-pusat komersial dan politik. 2.       Dominic Strinarti Mendefinisikan budaya pop sebagai “lokasi pertarungan, dimana banyak dari makna

Ekonomi Politik Lembaga Media Komunikasi

Pada tahun 1950 sampai dengan 1960 bekas ekonom FCC ( Federal Communication Commision ) Profesor Dallas Smythe menyatakan bahwa sangat penting untuk mempertimbangkan komunikasi sebagai bagian dari ekonomi dan memahaminya sebagai entitas ekonomi. Ia juga berpendapat bahwa tujuan utama dari mengaplikasikan ekonomi politik pada komunikasi adalah untuk mempelajari struktur dan kebijakan institusi komunikasi dalam lingkungan sosialnya. Smythe beragumentasi bahwa tujuan utama dari aplikasi ekonomi politik komunikasi adalah untuk mengevaluasi pengaruh agen-agenkomunikasi dalam bentuk kebijakan-kebijakan yang dibuat dan dioperasikan atau dengan kata lain, mempelajari mengenai struktur dan kebijakan dari institusi komunikasi dengan latar kemasyarakatan. Lembaga media komunikasi massa harus dinilai sebagai bagian dari sistem ekonomi yang juga berkaitan erat dengan sistem politik. Kualitas pengetahuan tentang masyarakat, yang diproduksi oleh media untuk masyarakat , sebgaian besar dapat ditent