Langsung ke konten utama

Pengertian dan Karakteristik Media Komunikasi

Komunikasi merupakan suatu interaksi yang terjadi antara satu dengan yang lain-nya bisa dua atau lebih yang bertujuan untuk memberi atau menerima pesan. Dan dalam berkomunikasi dapat kita ketahui unsur-unsur penting dalam komunikasi, yaitu ;
1. Komunikan
2. Komunikator
3. Pesan
4. Media
5. Feedback
6. dan, Gangguan

Dalam pembahasan yang disampaikan oleh bu Primi Rohimi, dosen mata kuliah Media Komunikasi beliau menyatakan pada masa sebelum adanya media orang berkomunikasi hanya antara komikan dan komunikator yang saling menerima dan memberi pesan. Lalu berkembanglah zaman dan terciptalah teknologi baru, yaitu media komunikasi di tahun 1960'an.Media merupakan suatu bentuk atau saluran yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi atau pesan. Dengan berkembangnya media komunikasi ini membantu kita untuk lebih mudah saling berkomunikasi dengan orang yang dekat ataupun dalam jangkauan luas. Media Komunikasi ini berperan sebagai Lembaga Institusi, Sistem Sosial, dan Agen sosialisasi. Jum'at, 07-09-2018. Media Komunikasi ini turut mengalami perkembangan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi informasi.

 Berikut contoh gambar Media Komunikasi




~
Amalia Maghfiroh - 1640210032

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur Anatomi, dan Sistem Penulisan Feature

Pengertian Featuture  Feature merupakan sebuah tulisan jurnalistik. Yang dimana dalam penulisan ini bersifat khas untuk menuturkan fakta, peristiwa, ataupun suatu proses yang disertai penjelasan tentang riwayat suatu kejadiannya (Asep Syamsul M.R). Feature ini dalam penulisan-nya mengandung karakteristik human interest, dikarenakan liputan-nya mengenai kejadian yang dapat menyentuh perasaan sehingga menambah pengetahuan pembacanya melalui penjelasan rinci dan mendalam pada suatu kejadian, dan tidak terkait aktualitas (Jim Atkins Jr). Maka dari itu penulisan feature tidak terikat waktu. Ciri-ciri Feature 1. Berunsur  Human Interest 2. Berbahasa Sastra 3. Kreatif 4. bertujuan informatif 5. bersifat faktual Jenis Feature Jenis feature sendiri terbagi menjadi dua, yaitu : 1. Feature Berita, dan 2. Feature Artikel. Yang dimana isinya bisa mengenai human interest, sejarah, biografi, kisah perjalanan, maupun tulisan imiah. Struktur Anatomi Feature Dalam penulisan feature

Budaya Populer

Budaya populer terdiri dari dua kata yaitu budaya dan popular. Kita akan membahas pengertian dari masing-masing kata tersebut, budaya dan populer. Budaya adalah tatanan kehidupan yang didalamnya manusia membangun makna melalui praktik-praktik representasi simbolik. Sedangkan kata populer ini Wiliams memberikan empat makna yakni: banyak disukai orang, jenis kerja rendahan, kerja yang dilakukan untuk menyenangkan orang, budaya yang memang dibuat oleh orang untuk dirinya sendiri (Williams, 1983:237). Dari pengertian masing-masing kata budaya populer berikut pengertian dari beberapa ahli tentang budaya popular: 1.       Mukerji   Budaya populer mengacu pada kepercayaan, praktek-praktek dan objek yang menyatu dalam kesatuan yang hidup dalam masyarakat. Hal ini termasuk kepercayaan adat, praktek-praktek, dan objek yang diproduksi dari pusat-pusat komersial dan politik. 2.       Dominic Strinarti Mendefinisikan budaya pop sebagai “lokasi pertarungan, dimana banyak dari makna

Ekonomi Politik Lembaga Media Komunikasi

Pada tahun 1950 sampai dengan 1960 bekas ekonom FCC ( Federal Communication Commision ) Profesor Dallas Smythe menyatakan bahwa sangat penting untuk mempertimbangkan komunikasi sebagai bagian dari ekonomi dan memahaminya sebagai entitas ekonomi. Ia juga berpendapat bahwa tujuan utama dari mengaplikasikan ekonomi politik pada komunikasi adalah untuk mempelajari struktur dan kebijakan institusi komunikasi dalam lingkungan sosialnya. Smythe beragumentasi bahwa tujuan utama dari aplikasi ekonomi politik komunikasi adalah untuk mengevaluasi pengaruh agen-agenkomunikasi dalam bentuk kebijakan-kebijakan yang dibuat dan dioperasikan atau dengan kata lain, mempelajari mengenai struktur dan kebijakan dari institusi komunikasi dengan latar kemasyarakatan. Lembaga media komunikasi massa harus dinilai sebagai bagian dari sistem ekonomi yang juga berkaitan erat dengan sistem politik. Kualitas pengetahuan tentang masyarakat, yang diproduksi oleh media untuk masyarakat , sebgaian besar dapat ditent